Lama tak terdengar kabarnya, band Evanescence kembali merilis album baru bertajuk ‘Evanescence’. Ini adalah album ke-3 mereka setelah ‘The Open Door’ dirilis lima tahun lalu.

Dikutip dari laman Reuters, band dengan hits ‘My Immortal’ tersebut akan merilis album terbarunya pada 11 Oktober 2011 mendatang. Album yang berisi 12 album ini diproduseri Nick Raskulinecz, pria yang pernah bekerjasama dengan Foo Fighters.

Sang vokalis, Amy Lee mengungkapkan, album Evanescence lebih kolaboratif ketimbang dua album mereka sebelumnya. “Kami tahu bagaimana bekerjasama dan membandingkan kekuatan satu sama lain dan itu berbeda dari album kami lainnya,” ungkap Lee.

Lee menuturkan, proses pembuatan album baru mereka sangat menyenangkan karena selama ini personel Evanescence merasakan pengalaman hidup yang sama. Selain itu, tidak ada penambahan personel baru.

“Rasanya seperti reuni keluarga,” katanya.

Evanescence menghentak industri musik dunia saat meluncurkan hits ‘Fallen’ di tahun 2003 lalu. Setelah itu, tiga lagu mereka seperti, ‘Bring Me to Life’, ‘My Immortal’ dan ‘Going Under’ juga meraih kesuksesan. Bahkan, Evanescence sempat meraih nominasi di ajang Grammy Awards untuk kategori Best New Artist.

Namun, band yang terdiri dari lima personel ini mengalami perubahan besar ketika salah seorang pendirinya, gitaris, sekaligus penulis lagu, Ben Moody tiba-tiba hengkang dari Evanescence. Tak lama kemudian, dua personel Evanescence lainnya, John LeCompt and Rocky Gray mengikuti jejak Moody, meninggalkan band yang telah membesarkan nama mereka.

Moody akhirnya digantikan oleh Terry Balsamo dan menjadi gitaris utama serta penulis lagu bersama dengan Lee. Sementara Will Hunt mengisi posisi drummer dan Troy McLawhorn serta Tim McCord mengisi posisi gitaris.

Setelah merilis album terakhirnya, ‘Open the Door’ di tahun 2006, para personel Evanescence memang tampak lebih dewasa. Sang vokalis, Lee telah menikah dan menghabiskan waktu mendekorasi rumahnya di New York.